بسم الله الرحمن
الرحيم
Secara umum perangaktlunak authoring multimedia dibedakan menjadi beberapa kategori, diantranya :
A. Authoring berbasis halaman
B. Authoring berbasis icon
C. Authoring berbasis waktu
D. Authoring DVD
Pada pembahasaan kali ini saya
akan membahasan perangkat lunak authoring multimedia berbasis waktu. Authoring
Multimedia berbasis waktu merupakan pengembangan paket multimedia sebagai
pengorganisasian objek sepanjang lini waktu. dan sebagai contohnya adalah
Macromedia Flash atau sekarang lebih dikenal dengan Adobe Flash.
Adobe Flash (dahulu bernama
Macromedia Flash) adalah salah satu perangkat lunak komputer yang merupakan
produk unggulan Adobe Systems. Adobe Flash digunakan untuk membuat gambar
vektor maupun animasi gambar tersebut. Berkas yang dihasilkan dari perangkat
lunak ini mempunyai file extension .swf dan dapat diputar di penjelajah web
yang telah dipasangi Adobe Flash Player. Flash menggunakan bahasa pemrograman
bernama ActionScript yang muncul pertama kalinya pada Flash 5.
Adobe Flash merupakan sebuah
program yang didesain khusus oleh Adobe dan program aplikasi standar authoring
tool professional yang digunakan untuk membuat animasi dan bitmap yang sangat
menarik untuk keperluan pembangunan situs web yang interaktif dan dinamis.
Flash didesain dengan kemampuan untuk membuat animasi 2 dimensi yang handal dan
ringan sehingga flash banyak digunakan untuk membangun dan memberikan efek
animasi pada website, CD Interaktif dan yang lainnya. Selain itu aplikasi ini
juga dapat digunakan untuk membuat animasi logo, movie, game, pembuatan
navigasi pada situs web, tombol animasi, banner, menu interaktif, interaktif
form isian, e-card, screen saver dan pembuatan aplikasi-aplikasi web lainnya.
Dalam Flash, terdapat teknik-teknik membuat animasi, fasilitas action script,
filter, custom easing dan dapat memasukkan video lengkap dengan fasilitas
playback FLV. Keunggulan yang dimiliki oleh Flash ini adalah ia mampu diberikan
sedikit code pemograman baik yang berjalan sendiri untuk mengatur animasi yang
ada didalamnya atau digunakan untuk berkomunikasi dengan program lain seperti
HTML, PHP, dan Database dengan pendekatan XML, dapat dikolaborasikan dengan
web, karena mempunyai keunggulan antara lain kecil dalam ukuran file outputnya
Movie-movie Flash memiliki ukuran
file yang kecil dan dapat ditampilkan dengan ukuran layar yang dapat
disesuaikan dengan keingginan. Aplikasi Flash merupakan sebuah standar aplikasi
industri perancangan animasi web dengan peningkatan pengaturan dan perluasan
kemampuan integrasi yang lebih baik. Banyak fiture-fiture baru dalam Flash yang
dapat meningkatkan kreativitas dalam pembuatan isi media yang kaya dengan
memanfaatkan kemampuan aplikasi tersebut secara maksimal. Fiture-fiture baru
ini membantu kita lebih memusatkan perhatian pada desain yang dibuat secara
cepat, bukannya memusatkan pada cara kerja dan penggunaan aplikasi tersebut.
Flash juga dapat digunakan untuk mengembangkan secara cepat aplikasi-aplikasi
web yang kaya dengan pembuatan script tingkat lanjut. Di dalam aplikasinya juga
tersedia sebuah alat untuk men-debug script. Dengan menggunakan Code hint untuk
mempermudah dan mempercepat pembuatan dan pengembangan isi ActionScript secara
otomatis.
Sejarah Macromedia Flash (Adobe Flash)
Flash adalah adalah salah satu software yang merupakan produk unggulan pembuat animasi gambar vektor yang sangat diminati saat ini. Berkas yang dihasilkan dari perangkat lunak ini mempunyai file extension *.swf dan dapat diputar di penjelajah web yang telah dipasangi Flash Player. Flash menggunakan bahasa pemrograman bernama ActionScript.
Flash lahir dari kepala seseorang bernama Jonathan Gay. Jon yang geek gemar menulis game dan membuat animasi di komputer. Ia menciptakan game Mac Airborne! tahun 1985, ketika ia masih duduk di bangku sekolah.
Tahun 1993 ia mendirikan FutureWave Software dengan produk pertama SmartSketch. Inilah cikal bakal Macromedia Flash. Tahun 1995 SmartSketch berganti nama menjadi CelAnimator. Menjelang akhir 1995, FutureWave sempat mengalami masalah finansial dan mencari pembeli. Tiga calon yang ketika itu didekatinya adalah John Warnock dari Apple, lalu juga Adobe dan Fractal Designs.
Juli 1996 CelAnimator berubah nama kembali menjadi FutureSplash Animator. Produk ini menimbulkan minat di kalangan industri. Tak kurang dari Microsoft yang menggunakan dan amat menyukainya. Disney juga sama. Ketika itu MSN ingin dibuat mengikuti model televisi, dan animasi-animasi full screen dibuat dengan FutureSplash.
Desember 1996, Macromedia yang sedang membujuk Disney agar memakai Shockwave—plugin browser untuk produk animatornya bernama Director—mendekati Jon. Akhirnya terjadilah deal dan FutureSplash Animator berubah nama menjadi Flash 1.0.
Ada desas-desus bahwa jika Macromedia membeli FutureWave, maka Microsoft akan mencaplok Macromedia. Ternyata dugaan tersebut tidak benar, karena Microsoft kemudian mengubah haluan dan menjadikan MSN lebih berbasis teks ketimbang televisi.
Selanjutnya Flash 2 dirilis
pertengahan 1997 dan mendapatkan pujian di mana-mana. Flash 3 dan Generator
menyusul April 1998. Karena tekanan Adobe yang mempromosikan format SVG—
Macromedia mengumumkan membuka format file *.swf bagi publik.
Flash 4 dan 5 menyusul 1999 dan Juli 2000. Sementara itu semakin banyak software lain yang mendukung memainkan dan menghasilkan .swf, antara lain QuickTime dan CorelDRAW. Versi 5 menambahkan integrasi dengan XML, Generator, dan ActionScript. Penetrasi browser terus meningkat hingga kini mencapai 96%. Player Flash telah tersedia untuk berbagai platform: Windows, Mac, Unix, BeOS, hingga OS/2 dan PocketPC. Jonathan Gay kini bekerja sebagai developer untuk Macromedia.
Adobe Flash (dahulu bernama Macromedia Flash dikarenakan Macromedia yang merupakan produsen pembuat flash profesional kini telah merjer dengan adobe corp, perubahan terjadi pada macromedia flash series 9 menjadi Adobe Flah CS3 pada April 16, 2007 ) merupakan tools yang dikembangkan untuk membuat berbagai aplikasi berbasis internet. Pada awalnya, Flash yang dilengkapi bahasa pemrograman ActionScript digunakan oleh developer web untuk mendesain web menjadi lebih interaktif dengan berbagai macam animasi. Namun, kemudian Flash banyak digunakan untuk membuat aplikasi multimedia interaktif. Seperti iklan banner, intro film, CD interactive, hingga pembuatan dan animasi.
Sebelum tahun 2005, Flash dirilis oleh Macromedia. Flash 1.0 diluncurkan pada tahun 1996 setelah Macromedia membeli program animasi vektor bernama FutureSplash. Versi terakhir yang diluncurkan di pasaran dengan menggunakan nama 'Macromedia' adalah adalah Macromedia Flash 8. Pada tanggal 3 Desember 2005 Adobe Systems mengakuisisi Macromedia dan seluruh produknya, sehingga nama Macromedia Flash berubah menjadi Adobe Flash.
Riwayat produk:
• FutureSplash Animator (10 April
1996)
• Flash 1 (Desember 1996)
• Flash 2 (Juni 1997)
• Flash 3 (31 Mei 1998)
• Flash 4 (15 Juni 1999)
• Flash 5 (24 Agustus 2000) -
ActionScript 1.0
• Flash MX (versi 6) (15 Maret
2002)
• Flash MX 2004 (versi 7) (9
September 2003) - ActionScript 2.0
• Flash MX Professional 2004
(versi 7) (9 September 2003)
• Flash Basic 8 (13 September
2005)
• Flash Professional 8 (13
September 2005)
• Flash CS3 Professional (sebagai
versi 9,16 April 2007) - ActionScript 3.0
• Flash CS4 Professional (sebagai
versi 10, 15 Oktober 2008)
• Adobe Flash CS5 Professional
(as version 11, to be released in spring of 2010, codenamed “Viper)
• Adobe Flash CS6 Professional
(as version 12, date released 2012)
Apa itu Flash Video (FLV)
Flash Video adalah format file yang digunakan untuk mengirimkan video atau film melalui Internet menggunakan Flash Player, sekarang Adobe Flash Player yang awalnya diproduksi oleh Macromedia versi 6-10. Konten video flash juga tertanam di dalam file SWF.
Ada dua format file video yang
berbeda didefinisikan oleh Adobe Systems dan didukung dalam Adobe Flash Player:
FLV dan F4V. Audio dan video FLV data dalam encoded dalam cara yang sama ketika
mereka berada dalam file SWF. Yang terakhir format file F4V didasarkan pada
basis ISO format file media dan didukung dimulai dengan Flash Player 9 Update
3.
FLV semakin cepat memantapkan dirinya sebagai pilihan format video web yang terkemuka pengguna Flash Video format termasuk YouTube, Google Video, Yahoo! Video, youtube, Reuters.com, dan banyak penyedia layanan berita lainnya terutama web tv. Standar dokumentasi untuk BBC Online deprecates penggunaan format lain yang sebelumnya digunakan pada situs seperti RealVideo atau WMV.
Walaupun Flash Video Player merupakan Open Source alias gratis, sebagian besar format kompresi yang digunakan telah dipatenkan. Flash Video FLV file biasanya berisi materi encoded dengan mengikuti code Sorenson Spark atau VP6 format kompresi video. Terbaru rilis publik Flash Player juga mendukung H.264 video dan audio HE-AAC.
Program Pihak Ketiga Support Flash
Semakin populernya penggunaan software Flash ini membuat banyak Program pihak ketiga yang mensuport flash dengan membuat program pembuat animasi yang menghasilkan file yang berekstensi SWF. Jika pada Flash sourse filenya berupa FLA maka program pihak ketiga bukan FLA.
Cukup banyak program pihak ketiga misalnya shotink yang mengeluarkan Shotink Easy, Shotink Quicker, Sothink SWF Decompiler bahkan software ini bisa mengkompilasi file SWF ke FLA. Program pihak ketiga lain yang gak kalah menariknya seperti Swift dan Swish bahkan Coral sekalipun dapat menghasilkan file import ke SWF.
Fungsi-Fungsi Penjelasan Tollbarnya
- Tool bar adalah bagian yang di gunakan untuk membuat objek baik berupa gambar, garis, atau text. Bgian Toolbar akan di bahas lebih lanjut
- Stage adalah bagian yang di gunakan untuk menempatkan objek tampilan yang kita buat
- Timeline adalah bagian untuk membuat animasi di mana berisi frame, layer dan Scane
Gambar – Tampilan Macromedia Flash 8 |
Objek Pada Flash
Pada waktu anda membuat
suatu movie flash anda menggunkan objek baik berupa gambar, garis atau text
yang anda tempatkan pada bagian stage
Library
Di gunakan untuk menyimpan symbol yang di gunakan untuk mpembuatan movie. Symbol ini merupan objek baik yang menggunakan objek gambar (vector atau bitmap), tombol ,suara dan movie. Penggunaan objek yang berul;ang ulang akan memperbesar ukuran file Symbol yang di gunakan berulang ulang tidak akan memperbesar ukuran file. Setiap salinan symbol di pakai pada stage di namakan Instance. Untuk menampilkan kotak library arahkan mouse pada menu Window > Library atau tekan Tombol F11 Pada Keyboard
Di gunakan untuk menyimpan symbol yang di gunakan untuk mpembuatan movie. Symbol ini merupan objek baik yang menggunakan objek gambar (vector atau bitmap), tombol ,suara dan movie. Penggunaan objek yang berul;ang ulang akan memperbesar ukuran file Symbol yang di gunakan berulang ulang tidak akan memperbesar ukuran file. Setiap salinan symbol di pakai pada stage di namakan Instance. Untuk menampilkan kotak library arahkan mouse pada menu Window > Library atau tekan Tombol F11 Pada Keyboard
Gambar – Library |
TimeLine
Merupakan Kompnen Penting dalam pembuatan suatu animasi. Time lline terbagi menjadi tiga bagian yaitu Scane, Layer dan Frame.
Merupakan Kompnen Penting dalam pembuatan suatu animasi. Time lline terbagi menjadi tiga bagian yaitu Scane, Layer dan Frame.
Seperti anda membuka sebuah
buku maka time line merupakan daftar yang interaktif. Scane seperti sebuah bab
pada buku itu. Dan frame merupakan seperti sebuah ahalaman. Dan layer merupakan
kesatuan dari halaman suatu frame. Maka animasi merupakan suatu pergerakan
mengikuti daftar isi berisi halaman-halaman terurut dengan tidak memperlihatkan
halaman-halaman di baliknya dengan tangan.
Gambar – Timeline |
Stage
Stage merupakan tempat untuk elemen-elemen grafik yang membuat suatu movie. Stage sering di sebut kanvas di gunakan sebagai objek pembuatan animasi. Segala Pemikiran tentang pembentukan animasi maupun gembar di buat pada bidang ini.
Stage merupakan tempat untuk elemen-elemen grafik yang membuat suatu movie. Stage sering di sebut kanvas di gunakan sebagai objek pembuatan animasi. Segala Pemikiran tentang pembentukan animasi maupun gembar di buat pada bidang ini.
Anda dapat merubah ukuran
stage ini sesuai kebutuhan
Langkah mengubah ukuran
stage dan latar be;lakang warna stage:
- Arahkan mouse pada menu Modify> Document atau anda bias gunakan tombol CTRL+J pada keyboard
- Setelah muncul sebuah kotak menu berisi document properties ubahlah apa yang anda kehendaki baik Width (lebar), Height (tinggi), Background Color (latar Belakang Warna Stage) ataupun Frame Rate (kecepatan Frame)
Gambar – Kotak dialog Document Properties |
Toolbar
Tolbar dapat di gunakan untuk memuat Objek baik berupa garis, gammbar berupa lingkaran, persegi maupun bentuk lain. Dengan penambahan pada kolom option maka akan ada pilihan
Tolbar dapat di gunakan untuk memuat Objek baik berupa garis, gammbar berupa lingkaran, persegi maupun bentuk lain. Dengan penambahan pada kolom option maka akan ada pilihan
Gambar – Kotak Toolbar |
Arrow Tool
Tool ini digunakan untuk
memilih suatu objek atau untuk memindahkannya.
Subselection Tool
Tool ini digunakan untuk
merubah suatu objek dengan edit points.
Line Tool
Tool ini digunakan untuk
membuat suatu garis di stage.
Lasso Tool
Tool ini digunakan untuk
memilih daerah di objek yang akan diedit.
Pen Tool
Tool yang digunakan untuk
menggambar dan merubah bentuk suatu objek dengan
menggunakan edit points (lebih teliti & akurat).
menggunakan edit points (lebih teliti & akurat).
Text Tool
Tool ini digunakan untuk
menuliskan kalimat atau kata-kata.
Oval Tool
Tool yang digunakan untuk
menggambar sebuah lingkaran.
Rectangle Tool
Tool yang digunakan untuk
menggambar sebuah segiempat.
Pencil Tool
Tool ini digunakan untuk
menggambar sebuah objek sesuai dengan yang Anda sukai.
Tetapi setiap bentuk yang Anda buat akan diformat oleh Flash MX menjadi bentuk
sempurna.
Tetapi setiap bentuk yang Anda buat akan diformat oleh Flash MX menjadi bentuk
sempurna.
Brush Tool
Tool ini sering digunakan
untuk memberi warna pada objek bebas.
Free Transform Tool
Tool ini digunakan untuk
memutar (rotate) objek yang Anda buat atau mengubah bentuk objek menjadi bentuk
lain.
Fill Transform Tool
Tools ini digunakan untuk
memutar suatu objek yang diimport dari luar lingkungan Flash MX, serta untuk
mengatur efek warna.
Ink Bottle Tool
Tool ini digunakan untuk
mengisi warna pada objek yang bordernya telah hilang (tidak
ada).
ada).
Paint Bucket Tool
Tool ini digunakan untuk
mengisi warna pada objek yang dipilih.
Eraser Tool
Tool ini digunakan untuk
menghapus objek yang Anda bentuk.
Eyedropper, digunakan
untuk mengcopy warna yang sama dari sebuah objek untuk digunakan
pada objek lain.
Hand, digunakan
untuk memindahkan stage dalam animasi ketika diperbesar atau diperkecil
Zoom, digunakan
untuk memperbesar/ memperkecil stage sehingga memudahkan pengeditan.
Stroke Color, digunakan
untuk memberi warna garis pembatas sebuah objek.
Fill
Color, digunakan untuk memberi warna bagian utama objek.
Tool
Modifiers, bagian dari toolbar yang bisa digunakan untuk
mensetting sebuah tool.
Sumber :
http://multimediatekhnologi.blogspot.com/2010/10/perangkat-lunak-authoring.html
http://bintang-agusta-lesmana.blogspot.com/2012/03/pengertian-dari-macromedia-flash-dan.html
http://www.alimmahdi.com/2010/02/sejarah-flash-macromedia-flash-sebelum.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar